Selasa, 12 Juni 2012

TIPS MENSTABILKAN KINERJA KOMPUTER


Pasti semua orang ingin memiliki PC yang stabil, baik untuk bermain game maupun bekerja dan mendengarkan musik bukan? Ternyata caranya tidaklah sulit.

1.              Pergunakan driver terbaru. Pastikan hardware PC (kartu suara, kartu grafis, monitor, modem, motherboard) menggunakan driver terbaru dan sudah mendapat sertifikasi dari Microsoft. Bila dalam dua tahun driver terbaru sulit didapat dari pihak produsen, lebih baik ganti hardware tersebut, karena dipastikan produk itu tidak akan berjalan stabil dan tidak mendapat dukungan serius dari produsen.
2. Hindari penggunaan memori campuran. Penggunaan SDRAM atau EDO RAM yang bermerek sama dalam satu PC akan menjamin kestabilan kinerja komputer. Hal ini dikarenakan spesifikasi memori berasal dari satu produsen dan akan bekerja secara optimal. Merek mahal bukan jaminan, karena semua chipset memori yang dipakai rata-rata sama.
3. Update antivirus secara teratur. Hal ini akan mencegah virus menyebar dan mengacaukan system komputer kita. Biasanya update dilakukan dua minggu sekali atau bahkan ada yang seminggu sekali. Hindari menginstal antivirus lebih dari satu, karena akan memperlambat kinerja komputer dan mengakibatkan bentrok antarprogram. Pilihlah antivirus yang sesuai untuk Anda.
4. Kurangi kebiasaan instal software shareware. Kebiasaan ini mengakibatkan system menjadi kacau, karena tidak semua shareware bermutu baik. Pilihlah shareware yang memiliki dukungan teknis dan website yang terpercaya. Bila Anda telah menggunakan shareware dan bekerja dengan baik, pastikan selalu agar menggunakan versi terbaru.
5.              Gunakan setting BIOS yang optimal. Hal ini akan meningkatkan kinerja komputer secara lebih dramatis. Lihat manual motherboard dan pastikan Anda ingat setting sebelumnya agar mudah mengembalikan ke posisi semula bila setting tersebut membuat komputer tidak stabil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar