Rabu, 13 Juni 2012

Tips merawat layar LCD


LCD atau Liquid Crystal Display adalah revolusi dari beberapa layar yang sangat hemat energi dikarenakan menggunakan bahan yang lebih ramah dibanding layar konvensional biasa yang menggunakan layar kaca. Walaupun sekarang sudah banyak beredar layar LED yang diklaim lebih hemat energi dibanding layar LCD, layar LCD lebih banyak digunakan oleh produsen TV, Komputer, Laptop dan elektronika lainnya dikarenakan faktor harga yang jauh lebih murah dibanding layar LED.

Merawat layar LCD memerlukan kehati-hatian dan pembersihan berkala, berikut tips saya :
  1. Bersihkan permukaan layar LCD menggunakan LCD cleanser khusus dan menggunakan kain (biasanya disertakan dalam cleanser). 
  2. Jangan sentuh layar LCD, atau menekannya terlalu keras, karena akan mengakibatkan kualitas gambar yang turun serta piksel yang memburam.
  3. Jangan gunakan air, kain yang bukan semestinya, ataupun benda tajam ke permukaan layar LCD.
  4. Jauhkan kopi dan cairan lainnya dari layar LCD dikarenakan layar LCD rentan terhadap liquid yang berbau tajam dan akan mengakibatkan buramnya layar.
  5. Gunakan LCD protector untuk melindungi layar dari debu dan lecet (untuk Laptop)
  6. Dan selalu bersihkan dan jauhkan dari debu secara berkala (harian atau mingguan, jangan bersihkan bulanan!).
Bila layar LCD anda terkena kotoran yang melekat dan susah untu di hapus, layar LCD anda buram atau terjadi kerusakan, segera hubungi service center terdekat dan jangan membetulkannya sendiri, dikhawatirkan layar LCD anda akan bertambah parah. Karena layar LCD sangat rentan dan susah dibersihkan terhadap kotoran dan benda lainnya, ikutilah tips di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar